July 30, 2019

Final Piala Indonesia PSM vs Persija Dipantau Satgas Anti Mafia Bola

Final Piala Indonesia PSM vs Persija Dipantau Satgas Anti Mafia Bola

Pertandingan leg kedua final Piala Indonesia 2018/19 antara PSM Makassar melawan Persija Jakarta di Stadion Andi Mattalatta, Selasa 6 Agustus 2019, akan dipantau Satuan Tugas (Satgas) Anti Mafia Bola.

Semula, duel PSM vs Persija digelar Minggu (28/7/2019). Namun, PSSI memutuskan untuk menunda pertandingan karena faktor keamanan, setelah sehari sebelumnya ada insiden pelemparan terhadap bus yang ditumpangi pemain Persija usai latihan.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, Satgas Anti Mafia Bola bakal ditugaskan untuk memantau pertandingan tersebut.

"Ya untuk satgas terus bekerjasama dengan PSSI untuk memantau setiap pertandingan yang digelar di liga 1 dan liga-liga lainnya," kata Dedi kepada CNN Indonesia.

Meskipun Piala Indonesia bukan Liga 1, Dedi menyampaikan ajang tersebut akan tetap masuk dalam pantauan Satgas Anti Mafia Bola.

"[Satgas Anti Mafia Bola] dengan Exco [Komite Eksekutif] PSSI dalam rangka mitigasi mafia-mafia bola yang mencoba mencari keuntungan," katanya.

Pengamat sepak bola Mohamad Kusnaeni yakin, Satgas Anti Mafia Bola bakal memantau gelaran pertandingan tersebut.

"Ini logika saja. Pertandingan levelnya final, apalagi home and away di mana tuan rumah butuh menang lebih dari satu," ucap dia.

"Sangat mungkin bakal terjadi ini dan itu. Itu [leg kedua final Piala Indonesia] sih memang sudah sendirinya harus diduga sebagai sebuah kesempatan yang berpotensi [ada mafia sepak bola]," ucapnya melanjutkan.

Kusnaeni berharap pertandingan PSM vs Persija berjalan dengan lancar. Jika kembali batal digelar maka akan berimbas kepada jadwal Liga 1 2019.

"Harapan yang kedua, [leg kedua final Piala Indonesia] harus bisa dikemas dengan baik karena ini final dan kadung dapat sorotan yang luas. Ketiga, harus jadi kesempatan introspeksi PSSI dalam menggelar sebuah kompetisi," ujar Kusnaeni.

Kacaukan Jadwal Liga 1 

Penundaan leg kedua final Piala Indonesia antara PSM Makassar dengan Persija Jakarta berimbas kepada jadwal Liga 1 2019. Sejumlah laga di Liga 1 dijadwal ulang.

Perubahan itu berimbas kepada sejumlah laga di Liga 1. Utamanya, yang bertanding di tanggal yang sama, juga terhadap tim yang bertanding di final itu.

PSM Makassar seharusnya bertemu Persipura Jayapura pada 6 Agustus Persija memiliki jadwal melawan Semen Padang yang merupakan partai tunda pekan ke-10 yang digelar pada 7 Agustus.

Persija tetap harus menjalani pertandingan dengan Arema FC tiga hari menjelang final. Kedua tim bakal bertemu di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada 3 Agustus 2019.*

Show comments
Hide comments

No comments:

Post a Comment