July 28, 2019

Kronologi Penundaan Final Piala Indonesia PSM Makassar vs Persija Jakarta

Kronologi Penundaan Final Piala Indonesia PSM Makassar vs Persija Jakarta
Final kedua Piala Indonesia antara PSM Makassar vs Persija Jakarta di Stadion Andi Mattalatta, Minggu (28/7/2019), resmi ditunda.

PSSI berdalih, laga ditunda karena keamanan kurang kondusif. Hal itu mengacu pada ketakutan tim Persija setelah terjadi pelemparan bus usai latihan sehari sebelumnya.

Penundan diumumkan PSSI hanya beberapa jam sebelum laga dilangsungkan.

Dilansir Tribun Timur, pada hari H pertandingan, Minggu (28/7/2019), sekitar pukul 13.00 WITA, suporter PSM Makassar sudah berdatangan ke Stadion Andi Mattalatta.

Suporter tuan rumah telah berusaha masuk ke gerbang Stadion Mattoangin, jauh sebelum jam kick off yang dijadwalkan berlangsung pada pukul 16.30 WITA.

Namun, langkah mereka tertahan di pintu gerbang stadion. "Akses masuk suporter kalau tidak salah baru dibuka pukul 14.00 (WITA)," ujar Marlina, salah satu panpel PSM yang BolaSport temui.

"Buka... Buka.. Buka!," teriak para suporter tersebut begitu jam menunjukkan pukul 14.00 waktu setempat.

"Mohon teman-teman tetap menjaga ketertiban demi keamanan masing-masing," balas petugas keamanan stadion lewat pengeras suara ketika para suporter mulai terlihat saling dorong untuk masuk ke stadion.

Sebelumnya, Direktur Media dan Hubungan Internasional PSSI, Gatot Widakdo, sempat mengatakan bahwa laga tersebut akan tetap digelar sesuai jadwal.

"Sudah diputuskan, laga PSM melawan Persija tetap dilanjutkan dan tidak mengalami penundaan," ujar Gatot Widakdo.

"Tentu ada pertimbangan yang memutuskan laga tersebut tetap berjalan."

Pada pukul 14.30 WITA, rombongan PSM Makassar tiba di stadion dan mendapat sambutan dari suporter fanatiknya.

Sebaliknya, tak ada tanda-tanda kemunculan bus Persija Jakarta padahal waktu sudah menunjukkan dua jam sebelum laga dimulai.

Di dalam stadion, suporter yang sudah diizinkan masuk gusar mendengar kabar penundaan pertandingan.

Sekitar pukul 15.00 WITA atau 14.00 WIB, PSSI baru memutuskan bahwa partai PSM Makassar vs Persija Jakarta resmi ditunda.

Panitia Pelaksana (Panpel) PSM Makassar melalui pengeras suara menyampaikan permintaan maaf kepada suporter yang telanjur masuk ke dalam stadion.

"Kami mohon maaf kepada para suporter yang telah hadir. Kami mendapatkan kabar kalau Persija Jakarta tidak mau bertanding," tutur panpel lewat pengeras suara.

PSM Makassar berpeluang menjadi Juara Piala Indonesia 2018/19 karena hanya kalah 0-1 di leg pertama saat dijamu Persija di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, 21 Juli lalu.

Bermain di kandang dengan dukungan suporter, sangat memungkinan PSM membalikkan keadaan dan menjadi juara.

Sikap PSM Makassar

Pihak PSM Makassar pun menyusul dengan mengeluarkan empat poin pernyataan yakni:

1. Manajemen dan Panpel PSM Makassar menyayangkan terjadinya penundaan pertandingan hari ini. Selanjutnya, manajemen, panpel dan PSSI akan terus berkoordinasi.

2. Seluruh pihak yang terlibat dalam pertandingan Final Leg 2 Piala Indonesia menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas tertundanya pertandingan hari ini.

3. Manajemen dan Panpel PSM Makassar berkomitmen untuk mengembalikan pembelian tiket yang sudah dilakukan penonton. Untuk teknis pengembalian tiket akan disampaikan sesegera mungkin.

4. Informasi penting yang berkaitan dengan segala hal diatas, juga akan disampaikan sesegera mungkin. Terima kasih.

Sikap Persija Jakarta

Kubu Persija Jakarta menyatakan menerima keputusan ditundanya laga final leg kedua Piala Indonesia 2018 melawan tuan rumah PSM Makassar.

"Kami sangat menghormati keputusan PSSI menunda pertandingan final leg 2 karena kondisi keamanan," kata CEO Persija, Ferry Paulus, dilansir laman resmi klub.

"Ini adalah partai final Piala Indonesia, di mana juaranya akan mendaptkan slot AFC Cup tahun 2020," tambahnya.

"Sehingga perlu dikemas sebaik mungkin demi menciptakan hiburan yang menarik dan enak ditonton. Persija sejatinya siap main di mana pun dan kapan pun," katanya.*

Show comments
Hide comments

No comments:

Post a Comment