July 29, 2019

Cuplikan Pertandingan & Kronologi Kericuhan Laga Persela vs Borneo FC

Cuplikan Pertandingan & Kronologi Kericuhan Laga Persela vs Borneo FC
Pertandingan Persela Lamongan vs Borneo FC diwarnai kericuhan dan kerusuhan akibat wasit mengeluarkan dua kartu merah dan memberikan penalti kepada tim tamu di akhir laga.

Pada laga pekan ke-11 Liga 1 2019 di Stadion Surajaya, Lamongan, Senin (29/7/2019), kedua tim bermain imbang 2-2.

Sumber masalahnya adalah wasit Wawan Rapiko yang dinilai tidak adil. Setelah mengeluarkan kartu merah, wasit juga memberikan hadiah penalti kepada Borneo FC.

Diberitakan Tribun Jatim, usai pertandingan, para pemain dan perangkat pertandingan tertahan lama di stadion karena massa mengepung pintu keluar stadion.

Kronologi

- Insiden berawal saat dua pemain terlibat perselisihan, yakni kiper Persela, Dwi Kuswanto dan pemain Borneo, Wahyudi Hamisi saat laga pada 10 menit terakhir.

- Saat itu, kedudukan masih 2-1 untuk keunggulan Persela Lamongan.

- Wasit, Wawan Rapiko memutuskan untuk memberikan kartu merah untuk kedua pemain.

- Sempat terlibat diskusi dengan beberapa pemain Persela dan Borneo, wasit malah menunjuk titik putih untuk memberikan hadiah penalti kepada Borneo FC. Ia menganggap Dwi Kuswanto melakukan pelanggaran terlebih dulu kepada Wahyudi Hamisi.

- Para pemain Persela Lamongan memprotes keras keputusan tersebut. Mereka mempertanyakan hukuman penalti karena faktanya Wahyudi Hamisi juga sudah menerima kartu merah dari wasit.

- Wasit pun dikerubuti pemain kedua kubu hingga terjadi intervensi oleh pemain hingga pelatih Nilmaizar dalam diskusi alot di lapangan. Pemandangan ini menghentikan laga selama 20 menit.

Baca Juga: Pertandingan Terlama di Liga Inggris Tak Ada Apa-apanya Dibanding Laga Persela Vs Borneo FC

- Pertandingan molor, namun tetap dilanjutkan pada menit ke-115. Wasit akhirnya mengambil keputusan untuk memberikan tendangan penalti untuk Borneo FC.

- Lerby Eliandri menjadi eksekutor dan berhasil memperdaya kiper pengganti Persela Lamongan, Dian Agus untuk membuat skor imbang menjadi 2-2.

- Selepas gol tersebut, Wawan Rapiko akhirnya meniup peluit panjang pada menit ke-122.

- Lagi-lagi para pemain Persela Lamongan memprotes keras wasit.

- Para pemain mempertanyakan waktu yang tersisa akibat penghentian laga akibat insiden kartu merah tadi. Mereka terus mengintervensi wasit, dari mulai menghampiri wasit hingga mengejarnya.

- Wawan Rapiko panik, dan lebih kencang hingga masuk ke lorong mixed zone. Terlihat para suporter pun coba menyerang wawan dan masuk lapangan.

- Gelombang suporter yang masuk lapanga semakin banyak. Mereka mengarah ke mixed zone dan ruang ganti wasit.

- Keadaan tidak terkendali, semakin banyak suporter yang memenuhi lapangan.

- Pukul 21.20 WIB, perangkat pertandingan, pemain dan ofisial Borneo FC masih tertahan di dalam Stadion Surajaya Lamongan akibat massa suporter yang mengadang pintu keluar, seperti dikutip dari laporan Tribun Jatim.

Jalannya Laga

Laga Persela Lamongan vs Borneo FC berlangsung menarik dan sengit. Sempat tertinggal 0-1, Persela membalikkan kedudukan menjadi 2-1 pada menit akhir menjelang laga usai.

Namun, penalti dramatis di ujung pertandingan memaksa laga berakhir sama kuat. Dua gol Persela dilesakkan oleh bomber tajam Alex dos Santos dalam interval 6 menit saja (64'-penalti dan 70').

Gol Borneo FC berasal dari kaki Renan Silva di babak pertama (19') dan penalti Lerby Eliandry (116').

Highlights Pertandingan


Show comments
Hide comments

No comments:

Post a Comment