Resmi, Alfred Riedl Jadi Pelatih Baru Persebaya Surabaya

Resmi, Alfred Riedl Jadi Pelatih Baru Persebaya Surabaya

Persebaya Surabaya menunjuk Alfred Riedl sebagai pelatih baru. Mantan pelatih Timnas Indonesia itu menggantikan Djajang Nurdjaman (Djanur) yang dipecat 10 Agustus 2019.

Pengumuman Riedl sebagai pelatih Persebaya dilakukan melalui Twitter resmi klub pada Jumat (23/8/2019). Persebaya mengunggah video Riedl dan keterangan dengan tagar #WelcomeAlfredRiedl.

"Mantan pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl, telah mencapai kesepakatan dengan Persebaya untuk menjadi pelatih kepala Bajol Ijo. Dia akan segera tiba di Surabaya setelah menyelesaikan beberapa urusan administrasi di negaranya.

Riedl adalah salah seorang pelatih tersukses tim Merah Putih. Mengantarkan timnas ke final Piala AFF 2016 meski persiapan saat itu sangat mepet.


Info Sebelumnya

Usai mendepak Djadjang Nurdjaman (Djanur), Persebaya Surabaya sedang mencari pelatih baru. The Green Force dikabarkan mendekati mantan pelatih timnas Indonesia, Alfred Riedl, untuk menjadi pelatih baru mereka.

Djanur dilengserkan dari kursi pelatih Persebaya Surabaya per Minggu (11/8/2019). Keputusan tersebut dilakukan menyusul hasil imbang yang diterima Persebaya pada laga kontra Madura United.

Untuk sementara posisi pelatih Persebaya dipimpin oleh asisten pelatih, Bejo Sugiantoro. Sudah dua laga dilalui Bajul Ijo bersama Bejo, dengan hasil kalah 0-4 dari Arema FC dan menang 3-1 atas Kalteng Putra.

Manajemen Persebaya sendiri mengaku bakal merekrut pelatih dalam kurun waktu satu bulan ke depan. Salah satu kriteria yang diutamakan ialah memiliki lisensi setidaknya A AFC.

"Secara regulasi Persebaya harus mencari pelatih kepala dengan lisensi A AFC dan itu yang harus dilakukan. Kami punya waktu satu bulan," tutur Candra.

Menurut laporan surya.co.id, Persebaya dikabarkan tengah mendekati mantan pelatih timnas Indonesia Alfred Riedl.

Alfred Riedl sendiri saat ini masih belum kembali turun gunung sejak meninggalkan timnas Indonesia pada 2016. Pelatih berusia 69 tahun itu juga sempat menukangi PSM Makassar pada musim 2015.

Ketika itu ia akhirnya mengundurukan diri karena alasan kesehatan. Namun demikian, belum ada pernyataan resmi dari Manajemen Persebaya Surabaya.

"Sementara ini, kami memutuskan untuk memastikan pelatih dulu, arena pelatih yang akan mempunyai gambaran tim ke depan seperti apa. Kami terus mengomunikasikan, sebelum bursa transfer dibuka harus ada pelatih baru,” kata Candra.

Eks pelatih Persela yang kini menangani PSIM Yogyakarta, Aji Santoso, juga masuk dalam bursa calon pelatih baru Persebaya. Aji pernah berkarier sebagai pelatih dan pemain Persebaya. Tapi, Aji kini sudah menangani PSIM Yogyakarta dan ingin menghormati kontraknya.

Nama lain yang menjadi calon pelatih Persebaya adalah Peter Butler yang pernah melatih Persipura Jayapura dan PSMS Medan. Namun, banyak bonek yang menunjukkan penolakan jika pelatih asal Inggris itu.

Dipecatnya Angel Alfredo Vera dari jabatan pelatih kepala Bhayangkara FC juga sempat menjadi angin segar buat Persebaya. Pria asal Argentina itu pernah membawa Persebaya Surabaya juara Liga 2 2017 dan banyak yang berharap Alfredo kembali ke Kota Pahlawan.

Manajemen Persebaya Surabaya masih menutup rapat daftar nama yang masuk dalam perburuan mereka sebagai pelatih kepala. Manajemen terus menjalin komunikasi dengan sang pelatih incaran, dan baru diumumkan setelah resmi ada hitam di atas putih.

“Prosesnya setiap hari berjalan terus. Tidak perlu diperbarui setiap hari. Sejak kami memutuskan tidak memperpanjang dengan coach Djanur, kami sudah melakukan (perburuan). Lokal atau asing, yang penting memenuhi regulasi berlisensi A AFC,” ujar Candra.*

Subscribe via Email

0 comment